Lompat ke konten
Home » Wisata Pantai Wediombo Yogyakarta, Bekas Kawah Purba

Wisata Pantai Wediombo Yogyakarta, Bekas Kawah Purba

  • oleh
Wisata Pantai Wediombo

Wisata Pantai Wediombo ialah sebuah daerah liburan alam sekalian wilayah konservasi perairan yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya ada di Desa Balong, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta dari sentra kota jaraknya sekitar 70 kilometer dan dapat dicapai dalam waktu 2 jam. Nama Pantai Wediombo sendiri diambil dari bahasa Jawa, yaitu wedi yang berarti pasir dan ombo yang berarti luas wisatagunungkidul.com.

Wisata Pantai Wediombo Yogyakarta

Jadi dapat disimpulkan bahwa penamaan daerah liburan ini menurut dari kawasan pasir pantainya yang luas. Seperti pantai-pantai di Gunungkidul yang familiar akan keindahannya, Wediombo juga mempunyai estetika yang memikat dengan tebing-tebing tinggi serta pasirnya yang berwarna putih bersih.

Pantai ini tertata dari pasir vulkanik dan organik, serta terdapat pula bebatuan vulkanik, riolit, adesit, dan gamping yang ialah fasies gunung berapi. Sebagai daerah liburan alam yang cukup familiar, ada berjenis-jenis fakta menarik mengenai Pantai Wediombo yang perlu diketahu, berikut daftarnya yang sudah Penunjuk.com rangkum:

1. Terwujud dari bekas kawah gunung api

Pantai yang ialah teluk ini mempunyai format menyerupai separuh lingkaran dan komponen barat teluk terdapat kubah lava dari gunung berapi. Diperkirakan bahwa Pantai Wediombo ialah bekas kawan gunung berapi di masa lalu yang karam ke bawah permukaan laut.

2. Ada daerah penyu bertelor

Daerah konservasi perairan ini menaruh keanekaragaman hayati yang beraneka dari variasi-variasi ikannya. Lihat Foto Pantai Wediombo(Dislautkan.jogjaprov.go.id) Ada berjenis-jenis mollusca, colenterata, crustacean, serta berjenis-jenis variasi ikan hias, udang barong, teripang, kerang, bulu babi dan rumput laut yang tinggal di perairan Pantai Wediombo. Terdapat juga daerah penyu untuk bertelor di wilayah Pantai Wediombo yang dilindungi untuk melestarikannya.

3. Jadi daerah selancar

Pantai Wediombo mempunyai ombak tinggi dan stabil, sehingga dapat diterapkan untuk browsing. Lihat Foto Gambaran surfing (freepik.com/ alexeyzhilkin) Pengunjung yang mau browsing di pantai ini dapat menyewa kelengkapan surfing di sekitar Wediombo, untuk harganya sekitar Rp 100.000.

4. Ada daerah snorkeling

Kecuali mencoba surfing, kegiatan mengasyikan lainnya yang dapat dicoba oleh pengunjung merupakan snorkeling. Sebagai daerah konservasi perairan, gugusan terubu karang di bawah lautnya terjaga dan banyak ikan-ikan yang dapat dipandang ketika snorkeling. Baca juga: 7 Liburan Malam Yogyakarta, Sesuai untuk Nongkrong dan Berburu Foto Biaya untuk mencoba snorkeling beserta menyewa peralatanya sekitar Rp 30.000 hingga Rp 80.000.

5. Dapat untuk camping

Lantaran mempunyai pemandangan yang memikat ditambah pengujung yang datang dapat memandang sunrise dan sunsut membikin banyak orang yang betah berlama-lama. Rupanya dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk berkemah dan merasakan pemandangan pantai dalam waktu lama.

6. Dapat untuk memancing

Kekayaan alam yang dimiliki khususnya untuk variasi ikan yang beraneka membikin Pantai Wediombo juga familiar sebagai titik memancing. Memancing di daerah ini kalau mujur dapat membawa cukup banyak hasil tangkapan ikan. Tapi perlu diingat, bagi orang yang berniat memancing mesti mentaati regulasi yang berlaku dengan tidak merusak terumbu karang dan kekayaan alam yang dilindungi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *