Lompat ke konten
Home » Wisata Goa Jomblang Gunungkidul

Wisata Goa Jomblang Gunungkidul

  • oleh

Wisata Goa Jomblang Gunungkidul – Siapa yang tidak mengenali Gunung Kidul Yogyakarta yang disebut surganya dunia pariwisata. Gunung Kidul populer akan jumlahnya tempat rekreasi yang cantik dan memiliki sifat alami. Tetapi, apa anda pernah berekreasi ke satu lokasi yang mempunyai riwayat gelap?

Jawabnya bisa anda dapatkan jika anda bertandang ke Goa Jomblang. Goa jomblang sebagai salah satunya dari 500 goa yang berada di pegunungan.Berikut wisatagunungkidul telah menyiapkan informasi selengkapnya

Goa Jomblang berada di Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, memiliki jarak 10 km dari kota Wonosari. Goa Jomblang populer akan kekhasan dan keelokan yang tidak terpungkiri.Goa ini memiliki mulut gua vertikal dalam jarak di antara bibir gua dengan dasarnya bervariatif. Terdalam sekitaran 80 m. Untuk masuk Gua Jomblang dibutuhkan kekuatan tehnik tali tunggal atau singgel rope technique (SRT).

Maka dari itu, siapa saja yang akan caving di Goa Jomblang harus memakai perlengkapan khusus yang sesuai standard kemanan caving di goa vertikal dan harus ditemani oleh penelusur goa yang telah eksper. Untuk yang belum terlatih, lajur yang digunakan untuk capai dasar goa akan meletihkan.Ditambahkan lagi beberapa cerita horor berkenaan gua itu dari beberapa pelacak yang sempat masuk, kemungkinan membuat beberapa pelacak berasa gentar saat sebelum masuk goa itu. Namun demikian masuk ke dalamnya semua perasaaan yang mengganggu awalnya akan terpindahkan oleh keelokan Goa Jomblang.

Anda akan dimanja panorama hjaunya rimba yang paling subur, bermacam lumut, paku-pakuan, semak, sampai beberapa pohon besar tumbuh dengan rapat. Rimba dengan vegetasi yang subur ini kerap dikenali bernama rimba purba. Semenjak proses robohnya tanah ke bawah, vegetasi ini selalu hidup dan berkembang biak sampai sekarang ini.Dibalik keelokan dan keunikannya, goa ini rupanya mempunyai riwayat yang paling gelap. Kabarnya goa ini digunakan sebagai lokasi pembunuhan massal anggota PKI. Beberapa ratus anggota PKI diprediksi menjumpai ajalnya di Goa Jomblang itu. Menurut narasi, mereka bergerombol dijejerkan di bibir gua dengan tangan sama-sama terlilit satu sama lainnya. Saat salah satunya ditembak sampai jatuh ke goa karena itu anggota yang lain akan turut jatuh.

Cerita ini sempat membuat takut warga di tempat ditambahkan lagi beberapa cerita menyeramkan mengenai gua itu. Dikisahkan ada pelacak yang lenyap sesudah telusuri gua yang alami ini. Di tahun 1990-an warga sekitaran goa melangsungkan doa bersama pada tempat ini. Semenjak itu, tidak ada narasi atau peristiwa kembali pelacak gua yang lenyap ditelan Goa Jomblang Gunung Kidul.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Jomblang

Goa yang ini mempunyai wujud vertikal karena permukaan tanah yang roboh ke dalam. Keadaan ini membuat tanaman yang tumbuh disekelilingnya jadi remuk di bagian atas. Tetapi, tanaman itu jadi turut tumbuh ke bawah secara baik. Perihal ini pula yang membuat Goa Jomblang memiliki rimba memesona dalam goa.

Rimba bernama Rimba Purba ini menjadi satu diantara daya magnet yang cukup menarik untuk beberapa pengunjung yang tiba. Tidak cuma hanya itu, ada pula keelokan sinar matahari yang masuk ke goa dengan memikat. Karena kekhasan goa ini, bahkan juga acara games show Amerika jadikan goa ini sebagai background proses dari shooting acara itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *