Lompat ke konten
Home » Pesona Keindahan Wisata Pantai Siung

Pesona Keindahan Wisata Pantai Siung

  • oleh
Pesona Keindahan Wisata Pantai Siung

Pesona Keindahan Wisata Pantai Siung – Yogyakarta sering dikenali sebagai kota yang kental akan rekreasi budaya dan riwayat. Sebutlah saja Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton, dan Taman Sari yang tidak pernah sepi pengunjung. Walau sebenarnya, Kota Gudeg mempunyai beberapa pantai terselinap yang sedikit dijumpai pelancong. Beberapa pantai itu menyajikan panorama ciri khas yang cantik dan eksotik.Satu diantaranya ialah Pantai Siung di teritori Gunungkidul.

Pantai ini demikian khusus karena lanskapnya yang dikitari oleh beberapa tebing tinggi. Karena kekhasan tersebut, pemerintahan Jogja resmikan Pantai Siung sebagai lokasi panjat tebing. Bagaimana dapat? Yok, baca info dari wisatagunungkidul.com secara lengkap!

Lokasi dan akses ke arah Pantai Siung

Pantai Siung ada di Desa Wates, Dusun Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Dari pusat Kota Jogja, kamu perlu tempuh jarak sekitaran 77 km atau sekitaran 2 – 3 jam perjalanan.Karena lokasinya cukup terasing, banyak pelancong pilih kendaraan individu untuk ke arah Pantai Siung. Lajur yang perlu dilewati juga cukup susah, yaitu terbagi dalam tanjakan, jalan berliku, sampai batas jalan yang menyempit. Oleh karenanya, yakinkan kendaraanmu pada keadaan sempurna saat sebelum pergi ke pantai ini.

Dari pusat Kota Jogja

Cuma ada satu jalur yang dapat kamu menempuh dari pusat Kota Jogja ke arah Pantai Siung, yaitu lewat Kabupaten Wonosari. Sesudah tempuh 9 km perjalanan, kamu akan mendapati pertigaan dengan panduan arah. Pilih lajur Pantai Siung lewat Bintaos dan Tepus. Sesampai di pertigaan Winangun, belok ke kanan untuk tiba di tujuan.

Dari Klaten

Untuk yang pergi dari Klaten, kamu dapat pilih jalur Semanu- Giripanggung, lalu meneruskan perjalanan lewat Klayu, Gude, sampai Winangun. Ada juga lajur lain dari Giripanggung ke arah selatan, yaitu lewat Cuelo sampai Winangun.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Permasalahan harga ticket masuk ke Pantai Siung tidak perlu dicemaskan. Rerata ongkos untuk masuk objek rekreasi pantai sangat dapat dijangkau. Anda perlu mempersiapkan uang 10 ribu rupiah per-orangnya. Ticket ini juga tidak hanya berlaku untuk Pantai Siung saja, tapi juga Pantai Jogan dan Nglambor.Maknanya Anda bayar sekali untuk ke-3 objek pantai itu. Maka dari itu, tidak boleh menyia-nyiakan peluang dengan berkunjung Pantai Siung saja. Singgah ke Pantai Jogan dan Nglambor yang berada di sampingnya.

Daya Tarik yang Berada di Pantai Siung

Pantai Siung mempunyai beragam jenis daya magnet yang sayang untuk dilewati. Ada juga beragam kegiatan membahagiakan dan menambahkan pengalaman baru. Apa itu?

Camping

Camping atau kemping sebuah aktivitas yang sudah dilakukan dengan arah bermalam di alam bebas. Umumnya beberapa pencinta camping memakai tenda untuk tempat berlindung, tidur dan simpan barang.

Jika ingin mandi atau mengolah harus dilaksanakan di luar tenda. Orang yang kemping biasanya bawa beberapa bahan makanan dan perlengkapan masak-makan sendiri. Serunya semakin bertambah di waktu malam hari datang karena ada api unggun yang dihidupkan.

Panjat Tebing

Pesona Keindahan Wisata Pantai Siung Salah satunya kegiatan yang terkenal di Pantai Siung ialah panjat tebing. Pantai ini memiliki kelebihan di mana ada rangkaian batu-batuan karang dari yang pendek sampai tinggi. Kegiatan ini telah diawali semenjak tahun 1989 di mana yang memulainya ialah beberapa pencinta alam dari Jepang.

Sampai saat ini kegiatan ini masih dilaksanakan oleh komunitas-komunitas panjat tebing yang berada di dalam atau luar Yogyakarta. Anda juga bisa ikutinya bila memang tertarik. Bahkan juga yang mengagetkan kembali,

Pantai Siung pernah jadi tuan-rumah dalam gelaran lomba panjat tebing bertema ASEAN Climbing Gathering. Pada waktu itu, jumlah pesertanya capai 250 orang dari beragam negara di dunia. Tidaklah aneh jika sekarang Pantai Siung mempunyai panggilan The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *