Lompat ke konten
Home » Pesona Air terjun Sri Gethuk

Pesona Air terjun Sri Gethuk

  • oleh

wisatagunungkidul.com – Air terjun Sri Gethuk ini mempunyai 3 sumber mata air yakni mata air Ngandong, Donk Poh, dan Ngumbul. Ke-3 mata air ini bergabung dan mengucur lewat tebing tinggi sampai membuat air terjun Sri Gethuk. Air Terjun Sri Gethuk mempunyai tinggi kira-kira 25 mtr. dengan 3-5 terjunan air terjun bergantung musim. Air yang tidak pernah kering itu jatuh tidak membuat kolam tetapi langsung menjelajahi batu-batuan kapur dengan rapi di pinggir sungai. Air terjun ini sedang dalam tahapan peningkatan menjadi tujuan rekreasi unggulan Kabupaten Gunungkidul selainnya dari pantai dan pegunungan karst.

Kehadiran air Terjun Sri Gethuk ini tidak lepas dari narasi yang berkembang dalam masyarakat. Legenda yang dari Dusun Bleberan bercerita jika air terjun Sri Gethuk sebagai lokasi berkumpulnya jin. Salah satunya jin yang pimpin ialah Anggo Meduro. Jin-jin ini benar-benar menyenangi musik yang dibuat oleh gamelan. Banyak pelancong atau masyarakat sekitaran yang dengar suara gamelan ditabuh tapi bila dipepet tidak terdapat bukti seorang memainkan. Warga sekitaran yakin jika suara gamelan ialah hasil tabuhan dari Anggo Meduro. Tetapi Anda tak perlu cemas, sepanjang jaga dan tidak mengusik di lokasi ini Anda dapat berekreasi secara nyaman.

Air Terjun Sri Gethuk sebagai sisi dari rekreasi Gunung Kidul yang tawarkan daya tarik, dan adventure ke lokasi khusus air terjun lainnya dibanding lainnya.
Bahkan juga, penulis sendiri ingin menjelaskan jika daya tarik keelokan teritori Air Terjun Sri Gethuk seperti Verdon Gorge yang berada di Perancis.

Baca Juga : Keindahan Pantai Indrayanti, Wisata Eksotis di Gunungkidul

Memanglah tidak sejauh, dan sedalam Verdon Gorge sungainya. Tetapi view sejauh Sungai Oyo Gunung Kidul benar-benar menakjubkan.Lokasi Dan Alamat Air Terjun Sri Gethuk
Lokasi Air Terjun Sri Gethuk berada dari sisi Sungai Oyo, Kabupaten Gunung Kidul. Adapun alamat Air Terjun Sri Gethuk ada di Dusun Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Rekreasi Air Terjun Sri Gethuk

Jalan ke arah Ekowisata Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul dapat dijangkau oleh kendaraan beroda 2 atau beroda 4. Namun belum ada transportasi umum, terkecuali sewa jasa ojek.

Jarak Air Terjun Sri Gethuk dari Jogja sekitaran 33 km, dengan prediksi waktu pintas sekitaran 1 – 1 jam 30 menit perjalanan.

Setelah tiba di tempat parkir, beberapa pengunjung memperoleh dua pilihan untuk dapat sampai di lokasi khusus Air Terjun Sri Gethuk, yakni :

  • Dengan trackking, atau jalan kaki.
  • Dengan memakai rakit khusus.

Langkah trackking akan tempuh lajur sepanjang 450 mtr.. Adapun dengan memakai rakit, akan memerlukan waktu sekitaran 15 menit perjalanan sampai hingga di lokasi khusus Air Terjun Sri Gethuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *