Lompat ke konten
Home » Pantai Sanglen, Tempat Camping Seru dan Asik Di Pasir Putihnya

Pantai Sanglen, Tempat Camping Seru dan Asik Di Pasir Putihnya

  • oleh

Pantai Sanglen, Tempat Camping Seru dan Asik Di Pasir Putihnya – Bila mau liburan di Pantai kala terletak di Yogyakarta, Gunung Kidullah tempatnya. Disitu ada nyaris 60 pantai yang bisa kalian kunjungi. Dimana tiap- tiap pantai memiliki kelebihan dan keseruan yang berbeda, pantai- pantai yang terdapat di Gunung Kidul juga populer dengan keindahan dan keasriannya.

Kali ini aku akan membahas salah satu pantai yang masih tidak sering didatangi, ialah Pantai Sanglen. Lokasinya terletak di Desa Kemadang, Gunung Kidul.

Pantai indah yang satu ini memanglah terdengar asing di kuping, tetapi nyatanya pantai ini menaruh keindahan yang sangat menenangkan.

Kondisi ombaknya diam- diam menghanyutkan membuat kita wajib berjaga- jaga bila mau bermain air kala lagi pasang, tetapi kala surut kalian bisa bemain ombak di dekat pantainya.

Beragam Aktivitas di Pantai Sanglen

1. Pantai Sanglen

Pantai Sanglen dikelilingi pepohonan yang masih rindang, diapit oleh 2 buah bukit yang lumayan besar. Hamparan pasir putihnya menghiasi selama bibir pantai.

Deburan ombaknya menenangkan silih berkejar- kejaran di air lautnya yang bercorak biru. Pantai ini memanglah belum banyak didatangi turis, sehingga sesuai buat kalian yang hendak menyepi.

Bukit di sebelah timur berdampingan dengan Pantai Watukodok. Pantai ini dihiasi sebagian tumbuhan cemara laut( cemara udang) yang rindang, sehingga kalian bisa berteduh dibawahnya.

Dan ada biota laut paling utama rumput laut yang berupa semacam rambut gimbal, bergulung- gulung dan bercorak cokelat.

Bila air laut lagi surut kalian bisa memandang bentangan rumput laut yang lumayan panjang ke arah pantai sebab terdorong oleh ombak.

2. Melihat Cantiknya Sunset

Bila sore mulai menjelang, banyak wisatawan yang duduk di atas hamparan pasirnya menunggu tenggelamnya matahari di sebelah barat.

Panorama alam berganti jadi lebih menawan bercorak jingga sampai membentuk siluet yang luar biasa, kondisi alam yang menawan dan atmosfer yang tenang membuat kalian betah berlama- lama di Pantai ini.

3. Camping

Pantai Sanglen ialah tempat yang asik buat mendirikan tenda, dan bemalam dengan deburan ombak dan suara alam yang yang lain.

Berkemah di pantai ialah pengalaman yang mengesankan, dimana kalian akan mendirikan tenda diatas hamparan pasir putihnya.

Terdapat pula yang mendirikan tenda dekat dengan rindangnya tumbuhan, sembari membuat hammock yang berhubungan diantara kedua tumbuhan.

Baca Juga : Curug Tegalrejo, Keindahan Curug Tesembunyi di Gunungkidul

Hammock ialah metode yang terbaik buat bersantai sembari menikmati pemandangan Pantai ini, hembusan anginnya menyapu tubuh sampai membuat kamu terlelap.

Bila kalian tidak bawa perlengkapan buat camping, ngga butuh takut sebab ada tempat penyewaan tenda dengan harga Rp. 75. 000,- untuk satu tenda.

Menginap di Pantai Sanglen ialah alternatif lain dalam menikmati keindahan panorama alam yang tersaji. Sepanjang berkemah kalian ngga butuh takut akan perut yang lapar di malam hari, sebab disini telah ada warung santapan dan minuman.

Lokasi Pantai Sanglen

Lokasi Pantai Sanglen terletak di Dusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, D. I. Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Sanglen

Rute menuju Pantai ini bila berangkat dari Yogyakarta akan menempuh jarak dekat 70 km, dengan ditaksir waktu dekat 2 jam ekspedisi.

Ialah dengan lewat Piyungan setelah itu Patuk sampai datang di GCD hingga kesimpulannya datang di Pasar Sambipitu. Kemudian kalian akan melewati Hutan Bunder, Lapangan Pemda kesimpulannya datang di Wonosari.

Saat sebelum Polres arahkan kendaraanmu buat belok ke kanan menuju Jalan. Baron, terus lurus sampai datang di pertigaan Mulo setelah itu belok kanan. Kala datang di Tepus belok ke kanan lagi buat menuju Pantai ini.

Jalur yang dilalui telah beraspal dan lembut, tetapi memanglah keadaan jalur mendekati arah pantai belum sangat bagus dan kecil cuma lumayan buat satu mobil saja.

Kala telah datang di tempat parkir, kalian masih wajib berjalan kaki dekat 15 sampai 20 menit menuju zona pantai dengan melewati jalur yang dihiasi pepohonan yang rindang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *