Lompat ke konten
Home » Pantai Sadeng, Mengintip Keindahan Pantai Penuh Sejarah

Pantai Sadeng, Mengintip Keindahan Pantai Penuh Sejarah

  • oleh

Pantai Sadeng, Mengintip Keindahan Pantai Penuh Sejarah – Pantai Sadeng yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini ialah satu di antara beberapa barisan pantai cantik yang berada di Yogyakarta. Hal yang jadikan Pantai Sadeng berlainan dari pantai yang lain ialah sejarahnya yang unik.

Selainnya jadi tujuan yang tawarkan situasi pantai yang cantik dan menakjubkan, ada sebuah keyakinan jika dulunya pantai ini ialah muara Sungai Bengawan Solo. Keyakinan itu ada di barengi juga dengan bukti-bukti geogolis yang bisa di ketemukan sampai sekarang ini. Dari bukti yang ada itu, kelihatan jika Sungai Bengawan Solo Purba yang mengucur tenang di samping utara Jawa pernah bersumber di Pantai Sadeng.

Air Sungai Bengawan Solo Purba yang mengucur ke Pantai Selatan itu di prediksi terjadi lebih kurang sekitaran empat juta tahun lalu. Hingga kemudian, saluran itu kembali arah ke arah utara atau ke Laut Jawa khususnya saat perubahan lurus tektonik Australia di bawah Pulau Jawa yang pada akhirnya mengakibatkan dataran Pulau Jawa terangkat. Terangkutnya dataran ini selanjutnya mengakibatkan arus Sungai Bengawan Solo Purba pada akhirnya tidak dapat melalui lajur yang ada.

Mengalirnya air Sungai Bengawan Solo Purba ke Pantai Selatan itu terjadi kurang lebih sekitaran empat juta tahun lalu. Sampai kembali arah ke arah utara atau ke Laut Jawa saat lurus Australia menusuk di bawah Pulau Jawa yang menyebabkan dataran Pulau Jawa terangkat.

Karena terangkutnya dataran itu, arus sungai Bengawan Solo Purba pada akhirnya tidak dapat melalui lajur yang ada. Lajur sebelumnya Bengawan Solo Purba ini pada akhirnya hanya tinggal tapak jejak yang berbentuk bukit-bukit kapur di dekat Pantai Sadeng. Walau demikian, tersisa saluran sungai Bengawan Solo purba ini jadi tapak jejak geologi yang paling bernilai untuk digunakn sebagai object riset.

Baca Juga : Pantai Sedahan, Keindahan Pantai Cantik di Gunungkidul

Pesona Pantai Sadeng

Bila baru pertama kalinya berkunjung pantai ini, tentu wisatawan akan di bikin kebingungan karena saat datang di lokasi akan di songsong dengan dermaga dan tidak kelihatan pantai sama sekalipun. Pantai Sadeng berada pada samping timur dermaga. Untuk wisatawan yang tidak mengenali tempat ini, di anjurkan untuk menanyakan ke warga sekitaran maupun beberapa nelayan.

Pantai yang mempunyai keindahan alami ini tertutup oleh dermaga dan tempat pelelangan ikan. Sesudah melalui jalan setapak, wisatawan akan di hidangkan dengan pemandangan pasir putih yang terbentang sepanjang bibir pantai. Air lautnya cukup jernih, warna biru kehijauan menambahkan keeksotisan dari Pantai Sadeng.

Pantai itu berada pada suatu teluk kecil, meskipun mempunyai pantai yang tidak terlampau panjang benar-benar tidak kurangi keindahan dari pantai ini.

Pengunjung bisa dengan bebas bermain air, berenang atau sekadar santai di atas putihnya bentangan pasir, sekalian nikmati embusan sejuk angin laut. Terletak yang terselinap membuat pantai ini terasanya pantai individu.

Kekhasan yang lain ada pada Pantai Sadeng ialah ada batu-batuan pemecah gelombang ombak. Batu pemecah ombak ini sama yang di punyai Pantai Glagah. Bedanya, batu pemecah ombak di sini tersusun yang rapi. Bila air laut tengah kering, wisatawan bisa santai di atas batu-batuan dan berselfie riang dengan background pantai yang cantik.

Wisatawan dapat nikmati pemandangan dari dermaga yang berada di Pantai Sadeng. Walau di pakai sebagai dermaga dan pelelangan ikan, tempat wisata ini bisa di sebutkan cukup bersih. Wisatawan bisa menyaksikan kegiatan beberapa nelayan dan beberapa puluh kapal yang berjejer rapi tengah di parkir di dermaga.

Saat malam hari, pemandangan dari pantai ini tidak kalah cantiknya. Bisa kelihatan kerlap-kerlip lampu mercusuar yang terlihat dari terlalu jauh. Situasi yang hening dan tenang, bersatu suara deburan ombak seolah tawarkan bagian lain dari keindahan pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *