Lompat ke konten
Home » Pantai Pok Tunggal, Keindahan Pantai Pasir Putih di Gunungkidul

Pantai Pok Tunggal, Keindahan Pantai Pasir Putih di Gunungkidul

  • oleh

Pantai Pok Tunggal, Keindahan Pantai Pasir Putih di Gunungkidul – Pantai Pok Tunggal sebagai tempat wisata yang berada di Gunung Kidul, Jogja yang tawarkan keindahan pantai dengan pasir putih eksotik.

Pantai Pok Tunggal sebagai salah satunya dari beberapa puluh pantai cantik yang berjejer di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang belakangan ini sedang jadi sasaran untuk beberapa wisatawan itu, mempunyai pesona yang tidak kalah dari pantai yang lain di Gunung Kidul. Untuk kamu yang menyenangi pantai berpasir putih, Pantai ini menjadi satu diantara alternatif tempat wisata yang berada di Jogja.

Pantai yang berada antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung itu secara administratif ada pada Dusun Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat Kota Jogja, kamu harus tempuh jarak sekitaran 70 km atau sekitaran 2 jam perjalanan. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Indrayanti, kamu cuma memakan waktu sekitaran 15 menit untuk mencapai pantai eksotik ini.

Untuk mencapai lokasi Pantai ini memang tidak mudah. Kamu harus waspada karena jalan menuju pantai ini tidak begitu lebar dan berliku. Tempatnya terselinap, hingga ada banyak wisatawan yang belum ketahui lokasi pantai dengan pemandangan mengagumkan itu.

Tetapi yakinlah, capek dan capek yang kamu dapatkan dari perjalan panjang itu akan selekasnya terbayarkan sesampai di pantai ini. Bentangan pantai yang luas dengan pasir putih bersih, birunya lautan luas dan suara deburan ombak yang menegur bibir pantai seolah menyongsong kehadiranmu di Pantai Pok Tunggal.

Sejarah Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal dapat disebutkan sebagai tempat wisata yang termasuk baru di Jogja. Karena pantai ini baru disahkan semenjak 2012 sebagai salah satunya tempat wisata. Asal mula dari nama pok tunggal sendiri bermula dari kehadiran sebuah pohon yang lumayan besar di bibir pantai.

Pohon itu ialah pohon Duras yang kabarnya benar-benar sulit tumbuh di wilayah pesisir pantai Gunung Kidul. Pohon itu disebutkan masyarakat sekitaran pok tunggal karena banyaknya yang cuma ada satu saja. Hal tersebut yang pada akhirnya membuat pantai ini dinamakan Pantai ini. Bersamaan dengan berjalannya waktu, pohon Duras yang tumbuh di bibir pantai itu seolah jadi icon dari pantai ini.

Pohon Duras sebagai pohon yang termasuk sangat jarang dan benar-benar susah untuk tumbuh subur. Hal itu membuat warga di tempat jaga kelestarian dari pohon yang sudah jadi icon Pantai Pok Tunggal. Beberapa wisatawan dilarang untuk memanjat atau menghancurkan pohon itu. Pohon ini dipercayai warga sekitaran pantai, sebagai pohon yang bawa peruntungan.

Pesona Pantai Pok Tunggal

Sama dengan beberapa pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Pok Tunggal dihias dengan pasir putih bersih yang terbentang luas sepanjang bibir pantai. Wisatawan bisa dengan bebas bermain pasir, berjemur atau sekadar santai melihat birunya lautan luas. Keindahan pemandangan alam yang berada di pantai ini seakan memberi kesejukan hati dan kenyamanan diri.

Pantai itu seolah terselinap dibalik bukit-bukit karst, dan beberapa tebing karang dengan tinggi mencapai 50 mtr.. Beberapa tebing karang yang melingkari pantai dipenuhi dengan tumbuhan hijau seolah menambahkan keindahan alam yang ada pantai ini. Beberapa tebing itu seolah ditugaskan oleh Si Pembuat membuat perlindungan pantai yang bersebelahan langsung dengan Samudra Hindia ini.

Pantai yang sering dikatakan sebagai Pantai Kuta-nya Jogja ini mempunyai karakter air warna biru dan cukup jernih. Wisatawan dibolehkan untuk beraktivitas berenang disekitaran pinggiran pantai. Tetapi tiap pengunjung tetap harus siaga, karena pantai ini mempunyai ombak yang lumayan besar.

Jika kamu ingin menikmati keindahan Pantai ini dari bagian lain, kamu bisa jalan ke atas bukit-bukit yang ada di segi kanan dan kiri pantai. Pada bukit samping barat sudah dibuat jalan setapak oleh masyarakat di tempat sebagai akses wisatawan yang ingin naiki bukit itu. Di atas bukit ada juga gazebo yang bisa dipakai santai sambil menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Dan pada bukit samping timur, akses menuju atas bukit sedikit beresiko. Jalan menuju bukit itu cuma itu dari potongan bambu-bambu yang dibikin tepat disebelah tebing. Perlu kesiagaan yang tinggi jika kamu ingin naiki bukit itu.

Di atas bukit, akan terlihat kecantikan dari Pantai Pok Tunggal yang dirasa makin memesona. Sepanjang mata melihat, akan terhidang birunya lautan dipadankan dengan pasir putih bersih yang menghampar sepanjang pantai. Deburan ombak yang menghajar karang, dan sepoi-sepoi angin seolah membuat beberapa wisatawan tidak ingin bergerak keluar dari pantai ini.

Menikmati Keindahan Pantai

Untuk kamu yang menyenangi pantai komplet dengan pasir putihnya, karena itu tempat ini sebagai tujuan wisata yang harus kamu datangi. Pantai Pok Tunggal tawarkan beragam keindahan pemandangan alam yang akan membuat orang kagum saat ada pada tempat wisata ini. Kamu akan disajikan dengan bentangan pasir putih yang halus sepanjang pantai, birunya lautan luas, suara gelombang ombak, dan udara yang sejuk jadi daya tarik dari pantai ini.

Camping

Kamu bisa juga membangun tenda dan menginap di sejauh Pantai Pok Tunggal. Sudah disiapkan jasa persewaan tenda, jika kamu tidak ingin repot bawa tenda dari rumah. Menikmati kesunyian malam dipadankan dengan suara deburan ombak bersama beberapa orang terdekat, pasti sebuah pengalaman yang tidak akan terlewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *