Lompat ke konten
Home » Pantai Krakal, Keindahan Pantai Cantik Yang Tersembunyi di Yogyakarta

Pantai Krakal, Keindahan Pantai Cantik Yang Tersembunyi di Yogyakarta

  • oleh
Pantai Krakal

Pantai Krakal, Keindahan Pantai Cantik Yang Tersembunyi di Yogyakarta – Tahukah kamu jika Jogja mempunyai sebuah kawasan yang dipenuhi dengan beberapa pantai cantik? Kawasan itu ialah Gunungkidul, salah satunya kabupaten di Yogyakarta. Ada beberapa pantai dengan pemandangan cantik dan alami yang dapat kamu dapatkan di sini, satu diantaranya ialah Pantai Krakal.

Pantai ini mempunyai lanscape yang condong agak miring. Antiknya, ada batu karang besar yang terlihat seperti jalan setapak di permukaan laut. Ada beberapa aktivitas hebat yang dapat kamu kerjakan di Pantai Krakal, dimulai dari santai di gazebo, berfoto dispotyang kece, sampai berseluncur.Kamu bahkan juga dapat eksplor pantai kecil di dekat Pantai Krakal yang lokasinya cuma terbatasi oleh batu karang besar.

Daya Tarik yang Dipunyai Pantai Krakal

Liburan Yogyakarta akan kurang komplet jika tidak singgah ke Gunungkidul. Daerah ini tawarkan banyak macam rekreasi yang memikat buat didatangi, satu diantaranya Pantai Krakal. Pantai ini kerap jadi tempat beristirahat pelancong yang menelusuri tempat Gunungkidul karena lokasi pantai yang strategis.

Pantai cantik di Gunung Kidul ini ialah tujuan rekreasi yang pantas untuk didatangi. Selainnya dapat nikmati keindahan laut-nya, Anda bisa juga coba macam kulineran olahan laut ciri khas yang ada. Ciri-ciri dari pantai ini ialah ada ikon berbentuk bangunan berwujud ikan di atas bukit yang kerap jadi spot foto pelancong.

Pantai ini mempunyai bentangan pasir putih yang lembut dan halus. Ini membuat hasil foto dengan background situasi pantai benar-benar instagramable. Pelancong kerap berpose di ikon pantai ini berbentuk bangunan berwujud ikan yang berada di kanan bukit. Untuk ke arah lokasi, Anda harus jalan kaki naiki bukit lebih kurang 200 mtr..

Tidak cuma Pantai Krakal saja, ada rekreasi Pantai Drini lebih kurang 2 km di samping timur dari pantai ini. Tempat rekreasi ini masih satu lajur dengan Pantai Baron dan Pantai Kukup, hingga Anda dapat mempelajari beberapa pantai ini saat bertandang kesini. Pasti tiap pantai mempunyai keelokannya sendiri.

Banyak narasi warga yang mengatakan bila pantai ini dulu ada di dasar laut. Sebuah aktivitas bumi yang namanya epirogenesa negatif pada akhirnya memacu terciptanya pantai ini. Ada gerakan kerak bumi menyebabkan susunan bumi yang naik ke atas sampai membuat Pantai Krakal yang menarik ini.

Ada proses epirogenesa negative membuat pantai ini memiliki keunikan berbentuk dua karang yang besar warna hitam hingga mendatangkan warna yang cukup kontras dengan pasir putihnya. Selainnya menambahkan seni, dua batu karang ini ialah pemisah di antara pantai satu sama yang lain.

Daerah Gunung Kidul ialah sisi selatan Kota Yogyakarta yang bersebelahan langsung dengan samudera Hindia. Perihal ini pula yang membuat daerah ini mendatangkan rona pantai yang epic dan menarik. Keindahan beberapa pantai Gunung Kidul tidak akan kalah dari pantai populer di daerah yang lain seperti Pantai Kuta di Bali.

Nama krakal sebetulnya datang dari batu-batuan karang. Dengan bahasa jawa karang disebutkan dengan krakal. Tersebut kenapa pada akhirnya disebutkan Pantai Krakal karena dua batu karang sebagai keunikan pantai ini. Anda bisa naik ke atas karang yang telah dibuatkan jalan untuk menyaksikan begitu cantiknya panorama yang terhidang dari ketinggian.

Baca Juga : Gardu Pandang Mangol Kencana, Menikmati Keindahan Gemerlap Kota dari Atas

Alamat dan Rute Ke arah Lokasi Pantai Krakal

Lokasi pantai yang menarik di Yogyakarta ini berada di Dusun Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunung Kidul. Dari kota Yogyakarta jaraknya lebih kurang sepanjang 65 km dengan memerlukan waktu lebih kurang 1 jam 30 menit untuk sampai ke lokasi ini. Pantai ini bisa dijangkau dari beragam daerah, salah satunya dari Wonosari yang cuma memiliki jarak 21 km.

Rute yang perlu dilalui untuk ke arah Pantai Krakal sangat gampang. Anda perlu ke arah Piyungan, Pathuk, Bundaran tugu BPD, Jalan Pantai Baron, sampai pada akhirnya Anda sampai di tempat wisata ini. Anda dianjurkan tidak untuk memicu kendaraan dalam kecepatan tinggi karena ada banyak tikungan tajam yang memerlukan kehati-hatian. Anda tetap harus berwaspada dan waspada saat berkendara.

Detil jalurnya dari Yogyakarta Anda bisa ambil lajur ke arah Jalan Sisimangaraja dan meneruskan ke Jalan Imogiri Barat. Turuti jalan itu sampai perempatan. Lantas belok ke Jalan Bakulan Imogiri. Sesudah mendapati SMK Muhammadiyah Imogiri, Anda bisa belok arah ke kiri ke arah jalan Imogiri Siluk.

Anda akan mendapati jembatan Siluk, turuti jalan itu sampai hingga di Bukit Dermo. Teruskan perjalanan sampai ke Jalan Siluk Panggang dan Jalan Raya Wonosari. Sesudah Anda telusuri jalan itu, Anda akan masuk ke Jalan Pantai Selatan Jawa sampai Anda akan mendapati SMPN 2 Paliyan.

Sesudah SMP Negeri 2 Paliyan Anda harus belok arah ke kiri dan jalan terus sampai mendapati Taman Bunga Celosia Kemadang. Dari taman bunga ini Anda harus meneruskan perjalanan sampai melalui Jembatan Banjarejo dan Anda mendapati rekreasi Pantai Krakal di ujung jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *