Lompat ke konten
Home » Pantai Baron Pantai Sejuta Pesona Indah

Pantai Baron Pantai Sejuta Pesona Indah

  • oleh
Pantai Baron

Pantai Baron merupakan pantai di daerah Gunung Kidul, Jogja yang menawarkan pesona keindahan pasir putih, wisata kuliner serta mercusuar megah yang ada disekitar pantai. Yogyakarta seakan menjadi surga bagi para wisatawan domestik maupun asing. Provinsi yang merupakan daerah istimewa tersebut telah dikenal menyimpan pesona wisata luar biasa. Tak heran bila kota gudeg ini menjadi incaran bagi para pelancong yang haus akan wisata. Tak hanya wisata budaya dan kuliner, Jogja juga memiliki deretan pantai eksotis yang wajib kamu kunjungi, salah satunya Pantai Baron wisatagunungkidul.com.

Pantai Sejuta Pesona Indah

Pantai Baron menyimpan berbagai pesona alam yang seakan menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke pantai indah ini. Pantai ini memang tengah hits di kalangan para pelancong, keindahan pantai ini pun tak kalah dengan Pantai Parangtriris dan Pantai Indrayanti. Selain itu, pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri yang tak dimiliki oleh pantai-pantai di Jogja lainnya.

Baca Juga : Wisata Puncak Kosakora di Gunung Kidul

Pantai Baron

Secara administratif, Pantai Baron terletak pada Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika dari pusat Kota Jogja, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 63 kilometer atau kira-kira dua jam perjalanan. Lokasi dari pantai ini juga tak jauh dari pantai-pantai indah lainnya yang berada di pesisir selatan Yogyakarta seperti Pantai Kukup, Pantai Sundak dan Pantai Krakal.

Untuk mencapai lokasi dari pantai ini, jalan utama yang merupakan akses menuju pantai tergolong cukup bagi karena sudah teraspal halus. Namun, wisatawan harus tetap berhati-hati karena kondisi jalan yang berliku serta tak terlalu lebar. Sesampainya di lokasi pantai, wisatawan akan langsung dimanjakan dengan hamparan lautan biru serta pasir pantai berwarna kecoklatan yang menambah keeksotisan pantai ini.

Sejarah Pantai Baron

Terdapat sebuah cerita yang dipercaya masyarakat sekitar menjadi latar belakang dari penamaan pantai yang memiliki sejuta pesona ini. Nama Baron sendiri berasal dari seorang warga negara Belanda bernama Baron Sekeber yang konon pernah singgah di pantai ini ketika Indonesia masih dalam penjajahan Belanda.

Baron Sekeber dikenal memiliki ilmu kesaktian yang cukup tinggi. Bangsawan berkebangsaan Belanda tersebut bahkan pernah bertarung melawan Panembahan Senopati atau Danang Sutawijaya yang merupakan pendiri Kesultanan Mataram. Pada tahun 1930, Belanda menggunakan pantai tersebut sebagai gudang penyimpanan senjata.

Hal tersebut dikarenakan letak dari pantai yang sangat strategis dan tersembunyi. Selain itu, wilayah sekitar pantai juga masih sepi dari pemukiman penduduk. Dari kisah itulah sehingga pantai yang menyimpan panorama menawan ini hingga kini lebih dikenal dengan Pantai Baron.

Selain digunakan sebagai tempat wisata, pantai ini juga merupakan tempat berlabuh bagi para nelayan sekitar setelah mengarungi Samudra Hindia untuk mencari ikan. Tak hanya itu, Pantai Baron juga merupakan Tempat Pelelangan Ikan. Wisatawan dapat melihat kapal-kapal nelayan yang tengah di parkir berjejer rapi di tepi pantai.

Wisatawan juga dapat membeli langsung ikan yang masih segar dari tempat pelelangan ikan di pantai ini. Datanglah ketika pagi hari, maka kamu dapat memilih ikan segar dengan harga yang tentu lebih murah dari pasaran.Pada pantai yang terletak di pesisir selatan Yogyakarta ini, setiap tahunnya juga digelar upacara sedekah laut.

Upacara sakral tersebut dilakukan oleh para nelayan disekitar Pantai Baron pada bulan Syuro yaitu bulan pada kalender Jawa. Hal tersebut merupakan wujud rasa syukur dari para nelayan atas berkah dan rejeki melimpahnya hasil laut yang diberikan Sang Pencipta.

Pesona Pantai Baron

Pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja ini menyimpan berbagai keunikan didalamnya. Kondisi pantai sendiri menyerupai teluk kecil yang diapit oleh dua bukit di sisi kiri dan kanan pantai. Kedua bukit tersebut merupakan bukit karang yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau sehingga menambah keelokan dari pantai ini.

Tempat wisata ini memiliki pantai dengan pasir berwarna kecoklatan yang terhampar disepanjang bibir pantai. Tak seperti pantai di Jogja pada umumnya yang berpasir putih, justru pasir kecoklatan tersebut seolah menambah kesan eksotis dari pantai ini. Wisatawan dapat dengan leluasa menikmati pasir tersebut di pinggir pantai sembari menikmati lautan luas yang terpampang indah di depan mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *