Lompat ke konten
Home » Keindahan Pantai Indrayanti, Wisata Eksotis di Gunungkidul

Keindahan Pantai Indrayanti, Wisata Eksotis di Gunungkidul

  • oleh

Keindahan Pantai Indrayanti, Wisata Eksotis di Gunungkidul – Tidak asing lagi bila kawasan Gunungkidul dikenali kaya wisata alam yang tetap terlindungi keasriannya. Bertandang ke situ, salah satunya tujuan wisata alam yang pantang dilewati ialah pantai. Pemandangan air jernih dengan deburan ombak yang eksotis ditanggung buat kamu berdecak takjub akan keelokannya.

Membahas wisata alam pantai di Gunungkidul, salah satunya yang harus ditempatkan daftar rekomendasi ialah Pantai Indrayanti. Pemandangan eksotis perairan jernih jadi daya magnet tertentu yang mengundang ketakjuban banyak pelancong.

Sejauh mata melihat, bentangan pasir putih menghampar di pantai itu. Keindahan pantai itu makin lengkap sama air pantai yang bening warna biru.

Untuk ke arah Pantai Indrayanti memerlukan waktu sekitaran dua jam perjalanan dari Kota Jogja. Pantai ini berjejeran dengan Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, dan Pantai Sundak. Jalan ke arah Pantai Indrayanti lumayan baik, tetapi pengungjung harus juga waspada karena medan jalan turun naik melalui bukit-bukit.

Pantai Indrayanti ini termasuk pantai baru dibanding beberapa pantai yang lain. Tetapi, pantai ini segera mengisap perhatian wisatawan karena keindahan pantainya.

Saat sebelum dikenali warga, Pantai Indrayanti awalannya tidak dikelola secara baik. Sebetulnya, pantai ini namanya bukan Indrayanti, tetapi Pantai Pulang Syawal.

Waktu itu, di pantai itu ada warung makan yang namanya Indrayanti. Bersamaan tingkat lawatan wisatawan yang makin bertambah dan di lokasi pantai tidak ada papan nama sebagai identitas pantai selainnya papan nama warung atau cafe Indrayanti itu. Sampai akhrinya warga mengenal pantai berpasir putih itu sebagai Pantai Indrayanti.

Penyebutan nama Indrayanti sebetulnya cuma kebenaran saja. Ini karena jumlahnya pengunjung dan tidak ada papan nama yang terang selainnya nama cafe itu.

Kepopuleran pantai ini sampai akhrinya menaklukkan pantai yang lain terlebih dulu dikenali warga, seperti Pantai Baron atau Pantai Kukup.

Selainnya mempunyai keindahan alam, peluang wisatawan semakin nyaman di Pantai Indrayanti karena kebersihannya. Di lokasi pantai ada ketentuan jangan buang sampah asal-asalan, jika ngotot buang sampah akan dikenakan denda Rp10.000. Denda ini menyengaja diterapkan untuk jaga kebersihan pantai.

Dibalik keindahan alam yang dihidangkan di Pantai Indrayanti, pantai ini rupanya mempunyai segi resikonya. Gelombang di pantai ini lumayan tinggi. Awalnya September 2022, Tubuh Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakiraan tinggi gelombang laut di pesisir selatan DI Yogyakarta capai empat sampai enam mtr. atau kelompok tinggi sekali.

Untuk wisatawan yang bertandang ke Pantai Indrayanti harus betul-betul memerhatikan keadaan gelombang di pantai itu. Janganlah sampai, peristiwa berbahagia di pantai jadi bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *