Lompat ke konten
Home » Gunung Ireng, Melihat Keindahan Sunset dan Sunrise dari Atas

Gunung Ireng, Melihat Keindahan Sunset dan Sunrise dari Atas

  • oleh
Gunung Ireng

Gunung Ireng, Melihat Keindahan Sunset dan Sunrise dari Atas – Yogyakarta dikenali sebagai kota yang Istimewa dengan sejuta wisata. Anda dapat mendapati beragam tipe wisata di kawasan ini. Wisata yang diketemukan salah satunya ialah wisata alam, wisata sejarah, dan wisata pembelajaran. Anda dapat pilih sesuai apa sebagai mode atau minat anda untuk memperoleh ketenangan.

Salah satunya tujuan wisata Yogyakarta yang dapat anda datangi ialah Gunung Ireng Gunung Kidul yang disebut satu wisata alam yang demikian cantik. anda akan bisa lakukan beragam tipe kegiatan di object wisata satu ini. Salah satunya aktivitas yang diketemukan yakni dengan melihat keindahan matahari keluar di Yogyakarta.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Gunung Ireng

1. Melihat keindahan Matahari Keluar

Bila anda tiba bertandang ke Yogyakarta karena itu jangan sampai kebingungan mencari lokasi yang pas untuk melihat keindahan dari matahari keluar. Yogyakarta banyak memiliki lokasi yang dapat anda datangi untuk dapat melihat sunrise, di mana satu diantaranya berada di Gunung Ireng ini. Tujuan wisata ini cukup populer di kelompok wisatawan lokal.

Bila anda tiba di saat yang pas karena itu akan melihat gabungan dari lautan kabut, matahari keluar, dan pegunungan yang paling memesona. Karena itu, yakinkan anda tiba di saat yang pas saat sebelum matahari betul-betul ada dari ufuk timur. Kerjakan perjalanan sekitaran jam 4 atau 5 pagi supaya bisa menunggu keindahan panorama pagi hari.

2. Mengambil Foto

Selainnya melihat keindahan sunrise, anda pun mendokumentasikan peristiwa di atas gunung dengan latar belakang foto panorama alam, disamping itu, anda dapat berpose di sejumlah spot yang demikian menarik dan kece yang berada di sekitaran Gunung Ireng Gunung Kidul. Beberapa wujud spot yang dapat anda dapatkan yakni bangku pantai, rumah kayu dan meja bulat dengan 2 bangku.

Sopt itu benar-benar elok bila dijadikan latar panorama foto anda. Dengan demikian karena itu anda akan bisa mengekspor hasil tangkapan gambar ke sosial media supaya kawasan ini makin bertambah dikenali dan didatangi oleh wisatawan. Disamping itu, anda pun akan bisa simpan masa lalu sebagai bukti pernah berkunjung wisata ini.

3. Melihat Warisan Sejarah

Saat tiba bertandang ke kawasan tujuan wisata Gunung di Yogyakarta ini, anda akan bisa melihat bermacam-macam warisan sejarah. Beberapa macam warisan yang bisa diketemukan salah satunya ialah ada Watu Lumpang yang mempunyai ciri-ciri karena ada cengkungan 5 biji yang dipercaya sebagai satu lambang yang memvisualisasikan rukun Islam.

Disamping itu, anda pun akan bisa mendapati watu tapak kaki sebagai daya tarik dari tujuan wisata ini dan sanggup memikat beberapa wisatawan. Tetapi asal mula tapak kaki itu tidak dikenali dan benar-benar misteri. Anda pun akan bisa mendapati sumber mata air Sendang Ayu yang dipercayai airnya dapat membuat orang tahan lama muda.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Ireng

1. Mitos Terciptanya Gunung Ireng

Penamaan pada gunung ini datang dari bahasa jawa yang disimpulkan sebagai gunung hitam. Penamaan itu didasari karena ada bukit puncak yang dikitari dengan bebatuan-batuan warna hitam. Berdasar cerita yang menyebar, gunung ini terbentuk karena sepakan yang sudah dilakukan dengan seorang pendekar yang geram.

Nama pendekar itu ialah Bratasena. Amarah pendekar itu muncul karena mendapatkan masalah dari beberapa kera yang ada di puncak gunung. Karena terlampau emosi, karena itu pendekar ini melupakannya dengan menyepak sebuah bukit yang pada akhirnya tercipta jadi sebuah pegunungan yang simpan banyak keindahan alam.

2. Dikenali Sebagai sisi Dari Gunung Api Purba

Bila disaksikan dari pemikiran Geologi bisa dijumpai jika gunung ini sebagai sisi dari gunung api purba yang ada di periode Miocene atau sekitaran 5 sampai 23 juta tahun lalu. Waktu itu terjadi letusan dari gunung berapi dan membuat bentuk atau memiliki bentuk lenyap. Tapi Anda bisa melihat beberapa sisa gunung itu sampai sekarang ini.

Beberapa puing gunung berapi ini membuat beberapa skema bebatuan vulkanik di kawasan Patuk terhitung Bukit Nglanggeran di samping utara Gunung Ireng Gunung Kidul. Gunung yang berada di Yogyakarta ini termasuk tidak begitu tinggi hanya karena ada sekitaran 200 mtr. di atas permukaan laut. Walau demikian, anda masih tetap dapat menikmati pemandangan yang cantik.

Di atas ketinggian 300 mdpl, anda akan bisa melihat lautan kabut yang berada di Gunung Ireng. Yang menjadikan kelihatan benar-benar unik ialah karena kabut itu ada di bawah puncak gunung hingga dapat dicicipi dengan dengan cantik dan memberi kesan seolah tengah ada di negeri dongeng atau negeri atas awan.

3. Ada Watu Lumpang

Tidak sekedar hanya menikmati keindahan alam yang cantik yang eksotik ini. Anda pun akan mendapati beberapa warisan yang simpan nilai sejarah yang bagus sekali. Salah satunya hal yang dapat anda dapatkan dengan ada Watu Lumpang. Watu itu mempunyai cengkungan yang sejumlah 5 biji dan dipercayai sebagai lambang rukun islam oleh warga sekitaran.

Watu Lumpang dikenali sebagai satu benda warisan sejarah yang umumnya digunakan untuk tempat penyembahan beberapa roh leluhur. Arah dari penyembahan ini untuk memperoleh keselamatan, karunia, dan hujan. Persembahan atau upacara itu biasa akan dilaksanakan pada beberapa hari tertentu oleh masyarakat sekitaran Gunung Ireng.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Bila anda ingin bertandang ke tujuan wisata Yogyakarta satu ini, jadi tidak akan susah untuk dapat mendapatinya karena lokasinya yang ada tidak jauh dari pusat kota. Saat anda sampai, anda tak perlu lewat sebuah rute yang susah karena tidak ada di kawasan terasing dan sudah diperlengkapi dengan jalanan beraspal yang paling mudah dilewati.

Saat anda inginkan untuk dapat memperoleh rute paling cepat karena itu anda perlu mengambil jalan dari lajur khusus Yogyakarta menuju Wonosari dan lewat Bukit Bintang. Kemudian, anda perlu belok ke kanan sesudah lewat sebuah tugu selamat tiba di kawasan Gunung Kidul. Selanjutnya, anda akan melalui atau mendapati sebuah perempatan jalan.

Saat ada di perempatan, anda perlu mengambil rute dengan belok kanan untuk menuju ke Kecamatan Dlingo. Seterusnya, anda perlu ikuti jalan s/d 240 mtr. dan akan disandingkan dengan sebuah pertigaan. Anda perlu memerhatikan, Bila anda belok kanan karena itu akan menuju ke jalan khusus menuju Kabupaten Dlingo.

Karena itu karena itu anda perlu mengambil jalan dengan belok arah ke kanan dan ikuti jalan yang ada di jalan Patuk-Pengkok. Turuti jalan khusus sekitaran 3,6 km sampai Anda mencapai tengah jalan yang disebutkan Tugu Semar Pengkok. Selanjutnya belok ke kanan dan turuti jalan khusus. Kemudian, anda akan mendapati lokasi pintu masuk dari Gunung Ireng.

Seterusnya anda perlu ikuti rute panah yang arahkan di titik atau lokasi parkir dari tujuan wisata alam ini. Untuk sampai ke arah tempat parkir, Anda harus lewat jalan besi cor yang sempit. Tetapi, keadaan jalan betonnya bagus dan dapat dilewati dengan mobil. Bila Anda tiba dengan mobil, ada tempat parkir khusus untuk kendaraan mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *