Lompat ke konten
Home » Gunung Ireng, Objek Wisata Alam di Gunung Kidul

Gunung Ireng, Objek Wisata Alam di Gunung Kidul

  • oleh
Gunung Ireng

Gunung Ireng, Objek Wisata Alam di Gunung Kidul – Yogyakarta diketahui sebagai kota yang Istimewa dengan sejuta liburan. Anda dapat menemukan beraneka ragam liburan di wilayah ini. Liburan yang ditemukan diantaranya ialah liburan alam, liburan sejarah, dan liburan edukasi. Anda dapat memilih pantas dengan apa yang menjadi fashion atau minat anda untuk menerima ketenangan wisatagunungkidul.com.

Salah satu destinasi liburan Yogyakarta yang dapat anda kunjungi ialah Gunung Ireng Gunung Kidul yang adalah suatu liburan alam yang seperti itu menawan. anda akan bisa mengerjakan beraneka ragam kesibukan di obyek liburan satu ini. Salah satu kesibukan yang ditemukan ialah dengan menyaksikan estetika sang surya terbit di Yogyakarta.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Gunung Ireng

1. Menyaksikan estetika Surya Terbit
Jikalau anda datang berkunjung ke Yogyakarta karenanya jangan pernah linglung mencari lokasi yang sesuai untuk memandang estetika dari sang surya terbit. Yogyakarta mempunyai banyak daerah yang dapat anda kunjungi untuk dapat menyaksikan sunrise, dimana salah satunya ada di Gunung Ireng ini. Destinasi liburan ini cukup populer di kalangan pelancong lokal.

Jikalau anda datang di waktu yang pas karenanya akan menyaksikan kombinasi dari lautan kabut, sang surya terbit, dan pegunungan yang betul-betul memikat. Untuk itu, pastikan anda datang diwaktu yang pas sebelum sang surya benar-benar timbul dari ufuk timur. Lakukan perjalanan sekitar jam 4 atau 5 pagi supaya dapat menanti estetika panorama pagi hari.

2. Mengambil Foto
Kecuali memandang estetika sunrise, anda juga mengabadikan peristiwa di atas gunung dengan background foto panorama alam, kecuali itu, anda juga bisa berfoto di sebagian titik yang seperti itu menarik dan juga keren yang ada di sekitar Gunung Ireng Gunung Kidul. Sebagian format titik yang dapat anda peroleh ialah bangku pantai, rumah kayu dan meja bundar dengan 2 bangku.

Sopt hal yang demikian betul-betul menawan seandainya dihasilkan sebagai latar panorama foto anda. Dengan seperti itu karenanya anda akan bisa mengekspor hasil tangkapan gambar ke media sosial supaya wilayah ini kian banyak diketahui dan dikunjungi oleh pelancong. Kecuali itu, anda juga akan bisa menaruh kenangan yang menjadi bukti pernah mengunjungi liburan ini.

3. Memperhatikan Peninggalan Sejarah
Saat datang berkunjung ke wilayah destinasi liburan Gunung di Yogyakarta ini, anda akan bisa menyaksikan beraneka format peninggalan sejarah. Sebagian ragam peninggalan yang bisa ditemukan diantaranya ialah adanya Watu Lumpang yang mempunyai ciri dengan adanya cekungan 5 buah yang diyakini sebagai suatu simbol yang menandakan rukun Islam.

Kecuali itu, anda juga akan bisa menemukan watu tapak kaki yang menjadi tenaga tarik dari destinasi liburan ini dan kapabel mengagumkan para pelancong. Tetapi asal masukan jejak kaki hal yang demikian tak dikenal dan masih betul-betul misterius. Anda juga akan bisa menemukan sumber mata air Sendang Ayu yang diandalkan airnya dapat membikin orang awet muda.

Pesona Dimiliki Gunung Ireng

1. Mitos Terbentuknya Gunung Ireng
Pemberian nama kepada gunung ini berasal dari bahasa jawa yang diistilahkan sebagai gunung hitam. Pemberian nama hal yang demikian dilatarbelakangi dengan adanya bukit puncak yang dikelilingi dengan batuan-batuan berwarna hitam. Menurut cerita yang tersebar, gunung ini tercipta sebab tendangan yang dikerjakan oleh seorang pendekar yang geram.

Nama pendekar hal yang demikian ialah Bratasena. Kemarahan pendekar hal yang demikian terjadi sebab memperoleh gangguan dari sebagian simpanse yang berada di puncak gunung. Sebab terlalu emosionil, karenanya pendekar ini melupakannya dengan menendang sebuah bukit yang hasilnya terwujud menjadi sebuah pegunungan yang menaruh banyak estetika alam.

2. Diketahui Sebagai komponen Dari Gunung Api Purba
Jikalau diperhatikan dari sudut pandang Geologi bisa dikenal bahwa gunung ini adalah komponen dari gunung api purba yang ada pada masa Miocene atau sekitar 5 hingga 23 juta tahun yang lalu. Ketika itu terjadi letusan dari gunung berapi dan membikin format atau wujudnya menghilang. Tapi Anda masih dapat memandang sisa-sisa gunung itu hingga kini.

Puing-puing gunung berapi ini menyusun sebagian formasi batuan vulkanik di wilayah Patuk termasuk Bukit Nglanggeran di sebelah utara Gunung Ireng Gunung Kidul. Gunung yang ada di Yogyakarta ini terbilang tak terlalu tinggi sebab cuma berada sekitar 200 meter dari atas permukaan laut. Walaupun seperti itu, anda konsisten dapat merasakan pemandangan yang menawan.

Dari atas ketinggian 300 mdpl, anda akan bisa menyaksikan lautan kabut yang ada di Gunung Ireng. Tidak menjadikannya menonjol betul-betul unik ialah sebab kabut hal yang demikian berada di bawah puncak gunung sehingga dapat dirasakan dengan dengan menawan dan memberikan sensasi seperti sedang berada di negeri dongeng atau negeri atas awan.

3. Adanya Watu Lumpang
Kawasan cuma sekadar merasakan estetika alam yang menawan nan eksotis ini. Anda juga akan menemukan sebagian peninggalan yang menaruh skor sejarah yang betul-betul menarik. Salah satu hal yang dapat anda peroleh ialah dengan adanya Watu Lumpang. Watu hal yang demikian mempunyai cekungan yang berjumlah 5 buah dan diandalkan sebagai simbol rukun islam oleh masyarakat sekitar.

Watu Lumpang diketahui sebagai suatu benda peninggalan sejarah yang lazimnya difungsikan sebagai daerah untuk pemujaan para arwah nenek moyang. Tujuan dari pemujaan ini ialah untuk menerima keselamatan, memberi manfaat, dan juga hujan. Persembahan atau upacara hal yang demikian umum akan dikerjakan pada hari-hari tertentu oleh warga sekitar Gunung Ireng.

Fasilitas yang Tersedia di Alamat Gunung

Destinasi liburan satu ini tak keok dengan beraneka destinasi liburan lainnya. Ana akan bisa menemukan beraneka ragam fasilitas secara komplit dan terbilang betul-betul memadai. Fasilitas hal yang demikian diantaranya ialah zona parkir, toko makan yang menyediakan beraneka ragam makan ringan, gazebo yang dapat diaplikasikan sebagai daerah rehat dan WC.

Rute Menuju Lokasi

Jikalau anda mau mendatangi destinasi liburan Yogyakarta satu ini, karenanya tak akan susah untuk dapat menemukannya sebab letaknya yang berada tak jauh dari sentra kota. Saat anda hingga, anda tak perlu melewati sebuah rute yang susah sebab tak berada di wilayah terpencil dan sudah dilengkapi dengan trek beraspal yang betul-betul gampang dilewati.

Saat anda mengharapkan untuk dapat menerima rute tercepat karenanya anda cuma perlu mengambil jalan dari trek utama Yogyakarta menuju Wonosari dan melewati Bukit Bintang. Saat itu, anda perlu belok kanan sesudah melewati sebuah tugu selamat datang di wilayah Gunung Kidul. Kemudian, anda akan melalui atau menemukan sebuah perempatan jalan.

Saat berada di perempatan, anda perlu mengambil rute dengan belok ke kanan untuk menuju ke Kecamatan Dlingo. Sekiranya, anda cuma perlu mencontoh jalan hingga dengan 240 meter dan akan dipertemukan dengan sebuah pertigaan. Anda perlu memandang, Jikalau anda belok ke kanan karenanya akan menuju ke jalan utama menuju Kabupaten Dlingo.

Untuk itu karenanya anda perlu mengambil jalan dengan belok ke arah kanan dan mencontoh jalan yang berada di jalan Patuk-Pengkok. Ikuti jalan utama sekitar 3,6 km hingga Anda menempuh tengah jalan yang disebut Tugu Semar Pengkok. Kemudian belok kanan dan ikuti jalan utama. Saat itu, anda akan menemukan lokasi pintu masuk dari Gunung Ireng.

Sekiranya anda cuma perlu mencontoh rute panah yang memberi nasihat pada spot atau lokasi parkir dari destinasi liburan alam ini. Untuk hingga ke daerah parkir, Anda wajib melewati jalan besi cor yang sempit. Tetapi, situasi jalan cornya baik dan dapat dilewati dengan kendaraan beroda empat. Jikalau Anda datang dengan kendaraan beroda empat, ada daerah parkir khusus untuk kendaraan kendaraan beroda empat.

Harga Wisata Masuk Liburan Alam

Anda akan banyak menemukan destinasi liburan yang betul-betul unik dikala datang ke Melainkan Istimewa Yogyakarta. Tetapi dikala datang ke Destinasi Gunung Ireng atau yang diketahui sebagai lokasi sang surya terbit yang betul-betul populer ini, anda tak perlu mengeluarkan tarif atau karcis masuk yang seperti itu mahal untuk dapat merasakan estetika dan pesona alamnya.

Anda cuma cukup membayar Rp 3000 untuk dapat masuk ke destinasi liburan ini dan kemudian bisa menghabiskan waktu sepuasnya. Kecuali itu, anda juga perlu mengeluarkan tarif untuk membayar parkir kendaraan. untuk kendaraan bermotor, dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2000 dan walaupun kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp 5000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *