Lompat ke konten
Home » Goa Kalisuci Gunungkidul, Keseruan Menyusuri Goa dan Sungai Bawah Tanah

Goa Kalisuci Gunungkidul, Keseruan Menyusuri Goa dan Sungai Bawah Tanah

  • oleh
Goa Kalisuci Gunungkidul

Goa Kalisuci Gunungkidul, Keseruan Menyusuri Goa dan Sungai Bawah Tanah – Goa Kalisuci sebagai tempat wisata di Jogja yang tawarkan kesan cave tubing dan pesona keindahan goa yang memikat.

Kabupaten Gunungkidul sebagai wilayah bukit-bukit yang dikenali mempunyai beberapa tebing karst kuat yang membubung. Diballik bukit-bukit di pesisir Pantai Selatan itu, rupanya simpan beragam pesona alam yang memikat. Satu diantaranya ialah Goa Kalisuci yang mempunyai daya magnet tertentu untuk wisatawan lokal atau luar negeri.

Tidak cuma Goa Pindul, Goa Kalisuci tawarkan kesan cave tubing melalui sungai bawah tanah. Bahkan juga goa ini sudah dipakai untuk kegiatan cave tubing saat sebelum Goa Pindul dikenali. Wisatawan akan dibawa telusuri sungai dan menyaksikan keindahan stalakmit dan stalaktit yang berada di lorong-lorong goa.

Lokasi dari Goa Kalisuci persisnya berada pada Dusun Kekasihejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Yogyakarta. Untuk ke arah lokasi wisata goa, wisatawan minimal harus tempuh jarak lebih kurang 50 km atau 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja.

Untuk ke arah lokasi, wisatawan bisa memakai jalur ke arah wilayah Piyungan lalu ke Wonosari. Tidak ada kendaraan umum yang ke arah Goa Kalisuci, hingga wisatawan disarankan untuk memakai kendaraan individu atau memakai jasa persewaan di wilayah Jogja. Jalan sebagai akses ke arah lokasi juga termasuk pada keadaan baik, walaupun kerap diketemukan kelokan dan tanjakan yang terjal.

Tempat wisata ini sangat pas untuk wisatawan yang mempunyai hoby dengan kegiatan memicu adrenalin. Pengunjung bisa rasakan kesan melalui sungai dengan jeram yang cukup melawan di atas ban yang sudah diubah sebegitu rupa. Aktivitas ini sebagai gabungan dari caving (susur gua) dan rafting. Pengunjung tidak perlu cemas, karena sudah telah ada perlengkapan komplet sebagai pendukung keselamatan wisatawan.

Disekitaran lokasi wisata Goa Kalisuci ada jasa pemandu profesional yang sudah terbiasa dan penyewaan pelampung, helm yang diperlengkapi senter, ban dan lain-lain. Indonesia pantas berbangga, karena tempat ini sebagai salah satunya dari 3 tempat di dunia yang disebut wisata cave tubing pertama di dunia. Tempat ini sudah disahkan presiden Indonesia saat itu yakni Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2004 sebagai kawasan wisata eko karst.

Baca Juga : Pantai Sadeng, Mengintip Keindahan Pantai Penuh Sejarah

Pesona Goa Kalisuci Gunungkidul

Keindahan alam yang dipunyai Goa Kalisuci ini tidak kalah cantiknya dengan Goa Pindul yang sebagai tempat wisata ketertarikan khusus di Jogja. Sungai yang mengucur di dalam goa lumayan panjang, sekitaran 600 mtr. dan mempunyai karakter jeram yang berbeda.

Saat sebelum mengawali cave tubing, wisatawan akan dikasih pembimbingan lebih dulu oleh pemandu yang sudah terbiasa. Kemudian, wisatawan ditujukan ke arah mulut goa dan harus jalan dari basecamp. Penjelajahan juga diawali, wisatawan akan dibawa ke arah ke dalam mulut Goa Kalisuci. Situasi yang semula jelas, beralih menjadi gelap pekat. Cuma lampu dari headlamp yang bisa dihandalkan untuk telusuri lorong goa itu.

Wisatawan akan disuguhi dengan keindahan stalaktit dan stalakmit yang menghias goa. Pemandangan dilorong goa sangat hebat, pemandangan alam yang terjadi dari peristiwa geologis berjuta-juta tahun kemarin ini sangat sayang untuk dilewati.

Seringkali wisatawan akan menyaksikan air yang menetes dari stalaktit di atap goa. Beberapa ciutan kelelawar, dan kemolekan ikan yang berenang di air sungai seakan menambahkan cantiknya Goa Kalisuci. Nuansa dalam lubuk goa sangat sejuk, saluran air sungai yang tenang menambahkan rasa tenteram dan damai.

Sesudah melalui lorong goa, pengunjung akan dibawa melalui sungai di alam terbuka. Situasi yang lain akan sangat berasa saat wisatawan naiki ban tembus jeram sungai yang cukup melawan. Sungai ini mempunyai kedalaman yang bermacam, di antara 1 mtr. sampai 3 mtr.. Jeramnya juga cukup unik dan berbeda, terkadang tenang dan kadang cukup ekstrim.

Wisatawan akan rasakan begitu serunya melalui rintangan-rintangan yang ada di arus sungai. Tidak itu saja, pada segi kiri dan kanan sungai wisatawan akan dimanja pemandangan alam yang asri. Jejeran pohon-pohonan hijau, dan beberapa tebing karst kuat yang membubung akan terhidang untuk dicicipi keelokannya.

Sarana Goa Kalisuci Gunungkidul

Tempat wisata yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini diatur secara penuh oleh Pokdarwis (Barisan Sadar Wisata) di tempat. Walau begitu, pengendalian yang sudah dilakukan oleh masyarakat di tempat cukup profesional. Ini dapat disaksikan dari sarana pendukung yang lumayan komplet di Goa Kalisuci.

Ada beragam sarana pendukung wisata seperti toilet umum, tempat parkir, ruangan tukar, basecamp, dan beberapa warung simpel yang menyuguhkan makanan seperti bakso dan mie ayam. Disamping itu ada jasa pemandu wisata yang komplet dengan paket sewa perlengkapan yang dipakai untuk aktivitas cave tubing seperti ban, pelampung dan helm.

Bila wisatawan ingin bermalam, di sekitar lokasi Goa Kalisuci ada beragam pemondokan dan homestay pada harga yang cukup dapat dijangkau. Berekreasi di goa menjadi alternative yang memikat buat dicoba, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilaksanakan di Goa Kalisuci.

Nikmati Keindahan Goa

Bila kamu takut untuk lakukan cave tubing, kamu bisa nikmati segi keindahan goa ini di luar. Kamu dapat menyaksikan pemandangan alam yang cantik di atas beberapa tebing di sekitar sungai. Di atas tebing kamu akan disajikan air sungai yang jernih warna biru kehijauan dengan batu-batuan ditepinya.

Tidak itu saja, sekitaran pinggir sungai banyak juga banyak hijaunya pohon-pohonan seolah menambahkan kesan-kesan alami pada tempat wisata ini. Kamu bisa juga berenang dan bermain di air sungai jernih yang ada di dekat mulut goa. Sejuknya udara yang bersatu dengan keindahan alam jadikan tempat ini sangat pas untuk kamu yang ingin lari dari hiruk pikuknya ibu-kota.

Lakukan Cave Tubing

Kegiatan cave tubing seolah jadi kewajiban untuk kamu yang bertandang ke Goa Kalisuci ini. Aktivitas ini sangat pas untuk kamu yang menyenangi kegiatan memicu adrenalin. Kamu akan dibawa berpetualang telusuri sungai yang berada di lorong goa.

Tidak itu saja, kamu bisa juga rasakan kesan melalui jeram-jeram dengan kekhasan tertentu. Pasti sebagai aktivitas yang sangat menyenangkan untuk isi waktu berliburmu. Kamu bisa juga nikmati cantiknya stalakmit dan stalaktit yang menyebar di lubuk-relung goa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *